Sabtu, 01 Januari 2011

PlayStation Bantu Tugas Militer



Condor Cluster
Mendengar PlayStation dipakai memainkan game peperangan seperti Call of Duty: Black Ops mungkin sudah tak asing. Tapi mendengar perangkat game ini ikut serta menjalankan tugas militer yang sesungguhnya, kita tentu penasaran ingin mengetahuinya.

Ya, PlayStation kini menjadi bagian komputer super milik Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) bernama Condor Cluster. Bagian tertentu Condor Cluster terdiri dari 1.700 lebih prosesor PlayStation 3 Sony. Selain PlayStation, di tubuh Condor Cluster juga melekat 168 unit pengolahan grafis.

Dengan berbagai perlengkapannnya, komputer super ini mampu melakukan komputasi sekitar 500 triliun kalkulasi per detik, yang membuatnya 50 ribu kali lebih ngebut ketimbang laptop rata-rata.

Dikutip detikINET dari Cnet, Rabu (15/12/2010), Condor Cluster akan membantu berbagai tugas militer Angkatan Udara AS seperti meningkatkan kemampuan radar dan ketajaman gambar serta melakukan riset mengenai pengenalan pola.

Sistem komputer senilai USD 2 juta ini juga bisa membaca 20 halaman informasi per detik, bahkan meski 20 hingga 30 persen karakter di halaman tersebut telah dihapus.

"Komputer bisa menemukan semua kalimat dan kata yang ada di setiap halaman dengan tingkat akurasi 99, 9 persen," kata Mark Barnell Direktur laboratorium riset Angkatan Udara AS.

Dia menambahkan, Condor diciptakan bukan untuk berkompetisi dengan komputer super terbesar di dunia, melainkan murni untuk melakukan berbagai tugas khusus kemiliteran.
( rns / wsh )

0 Comments:

Poskan Komentar

Sekecil apapun komentar anda merupakan pelajaran buat saya :)

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Copyright © sunvircap Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger